Tips Negosiasi

Ada beberapa faktor yang menentukan tingkat keberhasilan yang akan Anda miliki dalam negosiasi. Faktor-faktor tersebut adalah apa yang juga akan menjadikan Anda negosiator yang baik atau yang secara signifikan lebih baik. Berikut ini adalah beberapa dari #killer #insight tersebut dan cara menggunakannya untuk keuntungan Anda dalam negosiasi. Menggunakannya akan memastikan bahwa Anda memiliki hasil negosiasi yang lebih baik.

Lingkungan Negosiasi:

Di mana Anda bernegosiasi dapat memiliki keuntungan tersembunyi bagi orang yang mengendalikan lingkungan itu. Tetapi ada juga cara untuk mengendalikan lingkungan yang tidak Anda kendalikan.

    Lingkungan Anda – Ketika Anda mengontrol lingkungan, Anda dapat mengontrol suhu, pencahayaan, dan fitur-fitur makhluk lain yang akan membuat satu lebih nyaman saat bernegosiasi. Jika negosiasi menjadi tegang, Anda dapat meningkatkan atau menurunkan suhu di lingkungan bertepatan dengan penyesuaian yang Anda inginkan untuk dilakukan oleh negosiator lainnya (mis. Dia dipanaskan, Anda mengubah suhu kamar naik atau turun untuk membuatnya lebih panas atau lebih dingin).
    Bukan lingkungan Anda – Ketika Anda tidak memiliki kendali atas lingkungan, jika segalanya menjadi intens, Anda dapat menawarkan untuk mengubah tempat. Jika diterima, Anda akan mendapat keuntungan karena tidak berada di lingkungan yang dikuasai negosiator lain. Plus, dia akan memungkinkan Anda untuk memimpin hanya dengan persetujuannya.

Posisi Negosiasi:

Cara Anda memposisikan diri sebelum negosiasi menentukan bagaimana seseorang memandang Anda – itu juga akan memainkan peran penting dalam cara Anda diperlakukan. Jika Anda memposisikan diri sebagai pria tangguh, tipe negosiator pria tangguh mungkin memperlakukan Anda dengan kasar – itulah bentuk perlindungannya terhadap Anda yang menganggapnya lemah. Jika Anda memposisikan diri Anda sebagai orang yang lemah, pria yang tangguh mungkin berusaha mengambil keuntungan dari Anda, sedangkan tipe negosiator yang lemah mungkin menjadi berani untuk menjadi lebih agresif.

Untuk penentuan posisi terbaik, pertimbangkan gaya negosiasi (mis. Keras, lembut, lemah lembut, menggertak) yang dapat digunakan lawan Anda – dan nilai gaya negosiasi yang harus Anda adopsi untuk mengimbangi keuntungan apa pun yang mungkin didapat dari negosiasi dengan cara itu.

Strategi Negosiasi:

Kontrol – Anda memerintahkan negosiasi dengan tingkat kontrol yang Anda lakukan. Jika perlu, Anda dapat memberi kesan bahwa Anda dipimpin oleh negosiator lain – Anda mungkin ingin melakukan itu untuk mendapatkan wawasan ke mana dia akan membawa Anda dengan kendali. Anda mungkin juga melakukannya untuk membuatnya nyaman – negosiator yang kurang kuat menjadi takut ketika mereka merasa mereka melawan negosiator yang lebih berpengetahuan – membiarkannya memimpin akan menghilangkan ketakutannya untuk didominasi oleh Anda.

Penawaran – Beberapa negosiator akan bersikeras untuk mendapatkan konsesi untuk setiap orang yang mereka buat. Anda tidak harus melakukan itu. Bergantung pada tipe negosiator yang Anda negosiasikan, pertimbangkan untuk menyelamatkan chit yang Anda dapatkan dari membuat konsesi dan menggunakannya dalam kekuatan gabungan (misalnya saya sudah memberi Anda ini dan itu dan saya tidak meminta apa pun. Maukah Anda memberikan saya ini?) – Mengumpulkan konsesi dengan cara ini dan memanggil chit yang didapat dari mereka dapat menjadi pembujuk yang sangat kuat bagi negosiator lain untuk membuat konsesi. Pastikan untuk tidak memberikan terlalu banyak dari mereka sebelum mengajukan permintaan Anda. Semakin banyak konsesi yang Anda buat tanpa mendapatkan pengembalian, semakin besar kemungkinan mereka akan kehilangan nilai penuhnya.

Apa pun jenis negosiasi yang akan Anda jalani atau temukan diri Anda, menggunakan wawasan di atas akan meningkatkan kemampuan negosiasi Anda. Dan, itu akan meningkatkan hasil negosiasi Anda. Jadi, selalu perhatikan bagaimana dan kapan Anda menggunakannya … dan semuanya akan baik-baik saja dengan dunia.

Ingat, Anda selalu bernegosiasi!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>